Tuesday, September 15, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Indonesia dikenal akan kekayaan alam dan budaya yang ada pada tiap daerah. Setiap daerah memiliki ciri khas kekayaannya masing-masing seperti makanan khas, tempat wisata, kerajinan khas, upacara adat, dan lainnya. Kerajinan bukan hanya sebatas batik dan tanah liat namun juga kerajinan logam mulia seperti perak. Kerajinan perak memang cukup unik dan memiliki banyak peminat. 

Foto perak mentah
Foto perak mentah

Daerah Penghasil Kerajinan Perak

Apabila anda ingin membeli kerajinan dari perak bisa mempertimbangkan 5 daerah penghasil kerajinan perak berikut ini: 

Kotagede, Yogyakarta

Kotagede merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kota Yogyakarta bagian Tenggara. Sudah menjadi hal yang umum bahwa masyarakat Kotagede kebanyakan memiliki profesi sebagai pengrajin perak.

hasil kerajinan perak kotagede
Hasil Kerajinan Perak Kotagede

Masyarakat Kotagede menghasilkan kerajinan perak berkualitas tinggi sehingga tidak heran jika perak di daerah ini sudah dikenal luas hingga mancanegara bahkan anda bisa dengan mudah menemukan pengrajin perak di sepanjang jalan Kotagede. 


Kerajinan yang dihasilkan bukan hanya berupa perhiasan namun juga berbagai pajangan khas Kota Yogyakarta seperti kapal, patung Buddha, Candi Borobudur, kapal, andong, dan lainnya. Bahkan terdapat peralatan rumah tangga seperti cangkir, mangkok, piring, panci, teko, dan lain-lain. Untuk harganya bervariasi tergantung desain dan juga gram perak yang digunakan. 

Celuk, Bali

Bali juga memiliki masyarakat yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan perak. Pusat kerajinan perak di Bali terletak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Anda bisa mengunjungi desa ini dari Bandara Ngurah Rai dengan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. 


Sejak tahun 1976, Desa Celuk memang sudah dikenal sebagai desa pengrajin perak. Awalnya hanya memiliki sedikit pengrajin perak namun lama kelamaan bertambah banyak seiring banyaknya yang datang ke Desa Celuk.

contoh jualan produk perak
Produk kerajinan perak

Anda juga bisa melihat proses produksi kerajinan perak secara langsung. Desain kerajinan perak di Desa Celuk lebih tegas dan berwarna dengan tambahan batu permata agar lebih cantik. Untuk kerajinannya juga beragam mulai dari perhiasan hingga pajangan. 

Koto Gadang, Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat juga memiliki daerah yang menjadi penghasil kerajinan perak berkualitas yaitu Desa Koto Gadang yang terletak di Kabupaten Agam. Kualitas kerajinan perak Desa Koto Gadang tidak perlu diragukan lagi karena sudah diproduksi sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia. 


Bahkan bangsa Eropa sudah lebih dulu menyukai hasil kerajinan Koto Gadang. Ciri khas kerajinan perak Koto Gadang yaitu memiliki warna yang berkilau namun tidak menyilaukan mata. Desainnya memiliki kesan yang elegan dan anggun. Kerajinan perak yang dijual berupa perhiasan seperti anting, kalung, cincin, liontin, miniatur jam gadang, dan rumah gadang. 

Kendari, Sulawesi Tenggara

Kendari juga memiliki kerajinan perak yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Apabila umumnya kerajinan perak memiliki motif-motif berupa ukiran maka pengrajin perak di Kendari menggunakan benang-benang perak untuk merangkai motif. Maka dari itu hasil kerajinan perak di Kendari lebih detail dan memiliki proses pembuatan yang rumit. 

proses pembuatan kerajinan perak
Proses pembuatan kerajinan perak / Indonesiakaya

Di kendari memiliki motif khasnya yang bernama Kendari Werk yang artinya karya Kendari dalam bahasa Belanda. Hanya saja sejak masa kemerdekaan, terjadi penurunan penjualan Kendari Werk karena kepergian Belanda yang menjadi distributor kerajinan perak dari Kendari. Dulunya memang penjualan kerajinan perak di Kendari bergantung dengan Belanda.


Maka dari itu banyak pengrajin perak dari Kendari yang pindah ke kota lain untuk mencari konsumen sehingga anda bisa menemukan banyak Kendari Werk di kota-kota besar seperti Makassar. Banyak generasi muda yang tidak ingin melanjutkan usaha kerajinan ini karena memiliki proses pembuatan yang rumit. Saat ini Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sulawesi Tenggara masih rutin memproduksi Kendari Werk. 

Martapura, Kalimantan Selatan

Di daerah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan terdapat daerah yang bernama Kampung Alfi Jewelry memiliki kerajinan perak yang diolah dengan cara tradisional. Uniknya, proses pemasaran juga dilakukan secara online sehingga bisa menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia. Produk kerajinan yang diproses di daerah ini umumnya merupakan perhiasan di mana salah satu produk unggulannya yaitu cincin perak berlian.

Next article Next Post
Previous article Previous Post