Friday, September 18, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Membahas topik mengenai dunia elektronika memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali komponen yang perlu dipelajari untuk bisa memahami sepenuhnya tentang elektronika. Selain itu, setiap bagian maupun jenis komponen yang dipasang dalam sebuah perangkat elektronik selalu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak terkecuali untuk IGBT dan MOSFET.

foto transistor sederhana
foto transistor sederhana

Keunggulan IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistor)

Ada banyak sekali keunggulan dari Insulated Gate Bipolar Transistor atau IGBT. Berikut ini merupakan sedikit ulasan tentang keunggulan IGBT:


1. Kemampuan Menahan Tegangan Tinggi

Apabila Anda ingin membuat perangkat elektronik yang membutuhkan listrik bertegangan tinggi, seperti alat las. Maka, jenis saklar yang direkomendasikan untuk menyambung dan memutus arus listrik adalah IGBT. Komponen berbahan semikonduktor ini memang dikenal mampu mengatasi listrik bertegangan tinggi.

contoh modul IGBT 1200A
contoh modul IGBT 1200A



2. On-Resistance Rendah

Salah satu keunggulan dari komponen IGBT adalah resistensi/ hambatannya rendah. Karena resistansinya rendah, maka daya listrik dan tegangan listrik akan semakin tinggi. Hal tersebut berakibat pada efisiensi daya saat perangkat elektronika dioperasikan.


3. Switching Relatif Cepat

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, bahwa penggunaan saklar ini cocok untuk perangkat elektronik bertegangan tinggi. Anda dimungkinkan untuk melakukan switching dari off ke on atau sebaliknya dengan waktu yang relatif cepat.


4. Ukuran Cukup Kecil

Sebagai sebuah saklar dengan kemampuan untuk menahan tegangan cukup tinggi, ukuran IGBT relatif kecil dan lumayan ringkas.


5. Konverter Frekuensi

Selain beberapa keunggulan di atas, IGBT juga memiliki untuk mengkonversi gelombang yang berfrekuensi tinggi. Bahkan, komponen ini mampu mengkonversi hingga frekuensi ratusan KHz/ KiloHertz.


6. Mampu Mengalirkan Listrik Berarus Besar

Kemampuan satu ini masih ada hubungannya dengan resistensi IGBT yang cukup rendah. Sebab, semakin rendah resistansi/hambatan, maka arus listrik yang dapat dialirkan menjadi semakin tinggi. Hal ini mengikuti persamaan I = V/ R.

Kekurangan IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistor)

Setelah mengetahui keunggulan dari IGBT, ada baiknya Anda mengetahui kekurangannya juga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap komponen ini, agar bisa lebih tepat guna dan tidak menyesal ketika tidak cocok dengan komponen yang hendak dibuat.

1. Harga Mahal

Apabila Anda menggunakan saklar IGBT, maka listrik yang digunakan akan lebih efisien. Tidak hanya itu, daya yang dihasilkan juga lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Oleh karena itu, Anda hanya memerlukan satu buah komponen IGBT saja untuk sebuah perangkat. Akan tetapi, semua keuntungan tersebut harus dibayar dengan harga yang relatif mahal.

2. Memerlukan Arus Listrik Terus Menerus

Pada saat mesin sedang aktif, maka komponen ini akan tetap menyerap listrik, meskipun peralatan tersebut tidak sedang melakukan pekerjaan. Tegangan listrik yang akan diserap pada keadaan pasif seperti ini sekitar 2 Volt. Memang itu merupakan jumlah yang kecil, namun jika berlangsung dalam waktu lama, maka akan sangat merugikan.


Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan IGBT pada perangkat yang terus standby.

3. Rentan Rusak

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa IGBT tidak disarankan untuk digunakan pada perangkat yang terus standby. Selain karena menyerap energi terlalu banyak, komponen ini juga akan mudah rusak jika berada dalam keadaan tersebut dalam rentang waktu cukup lama.

Keunggulan MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor)

Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor merupakan piranti yang sering digunakan pada perangkat elektronika. MOSFET memiliki beberapa keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah ulasannya:

ilustrasi kanal mosfet

1. Kemampuan Tegangan Tinggi

Sebagai komponen dalam perangkat elektronik, tentunya MOSFET harus memiliki ketahanan terhadap tegangan listrik sampai batas tertentu. Meskipun daya tahan terhadap tegangan tinggi masih di bawah IGBT, namun jenis ini masih lebih baik dibandingkan jenis lainnya. MOSFET sendiri mampu mengatasi tegangan hingga 500 Volt.

2. Memiliki Resistensi Rendah

Dalam kelistrikan, apabila hambatan atau resistensi semakin rendah, maka kuat arus listrik akan semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan persamaan I = V/ R. Resistensi MOSFET dalam suhu 25 oC adalah 0,2 Ohm saja. Namun, apabila suhu meningkat hingga 150oC, maka resistensi akan meningkat menjadi 0,6 Ohm.

3. Switching Cepat

Keunggulan lain yang patut dibanggakan dari MOSFET adalah proses Switching yang berjalan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari IGBT. Komponen ini memiliki waktu turun sangat rendah yaitu 40 milidetik saja.

Kekurangan MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor)

Setelah mengetahui banyak keunggulan dari MOSFET, Anda hendaknya mengetahui soal kekurangannya juga. Berikut adalah ulasannya:

· Tidak Bisa Digunakan Sebagai Amplifier

Tidak seperti IGBT, MOSFET tidak bisa digunakan sebagai penguat gelombang. Sebab, perangkat ini tidak tahan terhadap suhu tinggi yang diakibatkan oleh proses konversi.

· Rangkaian Driver Cukup Rumit

Rangkaian yang diperlukan agar komponen ini dapat digunakan dengan baik cukup rumit, sehingga rentan kesalahan.

Perangkat elektronika bertegangan besar akan membutuhkan transistor khusus. Komponen yang sering dipilih adalah MOSFET atau IGBT, keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Next article Next Post
Previous article Previous Post