Wednesday, October 21, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Makanan pokok dari sagu diperoleh dari pengolahan batang pohon jenis palem tropis atau Metroxylon sagu. Sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur terutama di Papua dan Maluku. Umumnya pohon sagu tumbuh di tepian sungai yang dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter di mana 1 pohon sagu dapat menghasilkan 150-300 kg bahan baku tepung sagu. 


Umumnya masyarakat akan mencari pohon hingga ke hutan-hutan untuk mendapatkan tepung sagu berkualitas bahkan hingga ke pedalaman sungai dan pelosok rawa-rawa. Bagi masyarakat Maluku, mereka lebih suka sagu daripada beras sebagai makanan pokok mereka apalagi sagu sangat mudah ditemukan dan diolah 


Bukan hanya makanan pokok, ternyata sagu juga dapat dijadikan sebagai berbagai bahan untuk membuat aneka pangan yang lezat. Tepung sagu misalnya dapat diolah menjadi pasta, kue bola-bola, atau kue panekuk. Sagu bahkan dapat diolah bersama dengan bahan-bahan lainnya untuk membuat kue puding. 

Mengapa Sagu Menjadi Makanan Pokok?

Sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia dan juga memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Sagu menjadi makanan pokok dikarenakan kandungan nutrisi dalam sagu yang cukup lengkap bahkan mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Sagu bahkan memiliki kandungan protein, vitamin dan juga mineral meskipun jumlahnya memang tidak terlalu banyak. 

Pohon Sagu Palm
Pohon Sagu Palm

Dalam 100 gram sagu kering terdapat kandungan karbohidrat 94 gram, protein 0,2 gram, serat 0,5 gram, zat besi 1,2 mg, dan kalsium 10 mg. dalam 100 gram sagu juga terdapat sebanyak 355 kalori. Meskipun sagu mengandung lemak, karoten, dan asam askorbat, ketiga kandungan ini seringkali diabaikan karena jumlahnya yang sangat sedikit.

Penggunaan Sagu selain sebagai Makanan Pokok

Ternyata selain sebagai makanan pokok, sagu juga sering dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti: 


  1. Bahan pembuat glukosa

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tepung sagu di Malaysia dijadikan sebagai bahan dasar untuk memproduksi glukosa. Hal ini dapat dilakukan dikarenakan 90% kandungan sagu merupakan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang tinggi ini juga membuat sagu sebagai pilihan makanan pokok yang tepat. 


  1. Memberikan energi untuk aktivitas fisik

Penggunaan lainnya dari sagu yaitu untuk menunda rasa lelah apalagi pada saat melakukan aktivitas fisik. Bahkan terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kombinasi sagu dan protein yang didapatkan dari kedelai berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh setelah melakukan aktivitas fisik yang ringan hingga berat. 


Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara mengkonsumsi sagu dan protein kedelai dengan mengonsumsi suplemen karbohidrat. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi sagu dan protein kedelai dapat menunda munculnya rasa lelah pada mereka yang melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas yang tinggi. 


  1. Bahan pangan dan pakan ternak

Sagu juga sering dijadikan sebagai pakan ternak karena merupakan salah satu bahan yang mudah didapatkan, murah, dan juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan bagi hewan ternak. Sagu bukan hanya digunakan dalam sektor peternakan namun juga banyak digunakan dalam sektor industri pangan. Tepung sagu seringkali digunakan sebagai bahan pengental, penambah tekstur, dan penebal aneka kue dan makanan ringan. 


  1. Bahan pembuatan tekstil

Ternyata sagu juga memiliki peranan yang cukup signifikan dalam industri tekstil. Sagu terkadang digunakan sebagai pengikat serat sehingga mesin lebih mudah melakukan pemintalan. Sagu memiliki kemampuan yang baik dalam mengikat kumpulan serat sehingga proses pembuatan kain akan sesuai dengan yang diinginkan. 

foto tepung sagu putih
foto tepung sagu putih

Apabila jika dilihat dengan baik, kain atau pakaian yang masih baru umumnya masih memiliki sisa-sisa sagu yang nantinya akan hilang setelah dicuci. Bukan hanya itu saja, saat ini sagu bahkan sudah digunakan untuk membuat plastik ramah lingkungan. 


Alasan sagu dapat menjadi makanan pokok tentu karena kandungan karbohidratnya yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian bagi tubuh.


Namun saat ini sudah bukan hanya dijadikan makanan pokok saja namun juga untuk hal-hal lainnya asalkan diiringi dengan pemeliharaan lingkungan yang baik agar tanaman sagu dapat tetap dilestarikan dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Next article Next Post
Previous article Previous Post