Friday, October 16, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Essay merupakan salah satu jenis tulisan yang kerap dijadikan proyek dalam jasa artikel blog, yang memiliki kerangka dan sistematika penulisan khusus. Biasanya essay di jasa artikel blog digunakan untuk kepentingan menulis tugas, perlombaan, hingga berisi bahasan tentang isu-isu yang tengah popular.


Namun kebanyakan orang masih merasa kesulitan untuk mulai  menulis essay, sebab masih merasa bingung mengenai pengertian essay dan bagaimana kerangka menulisnya.  Andakah salah satunya?


Ini artikel biasa atau essay ya? Apakah Anda sering merasakan kebingungan ini saat mengerjakan proyek jasa artikel blog? Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian essay, sekaligus paparan tentang kerangka dan contohnya.

Apa itu essay?

Essay merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang ditawarkan oleh jasa artikel blog, yang di dalamnya berisi tentang argumen atau opini penulis mengenai sebuah kejadian di masyarakat, lingkungan, sosial dan budaya, yang disusun dalam kerangka tulisan yang tertruktur dan sistematis.  

Buku kumpulan essay
Buku kumpulan essay

Karena essay ini berdasar pada opini perorangan, maka nantinya akan menghasilkan karya yang bersifat subjektif. Namun meskipun begitu, penulisan essay tetap harus mengacu pada pengumpulan informasi dan fakta yang valid, serta ditulis dalam kerangka yang sesuai.

Kerangka penulisan essay

Sama seperti karya tulis ilmiah pada umumnya, essay juga terdiri atas beberapa struktur yaitu pendahuluan, isi dan kesimpulan.


  1. Paragraf pendahuluan

Seperti sebutannya, paragraf ini berisi mengenai pendahuluan bahasan atau topik, layaknya latar belakang permasalahan, kondisi terkini, isu-isu terkait, dan garis merah lainnya, yang kemudian memberikan refleksi mengenai topik apa yang sekiranya akan dibahas di dalam essay tersebut.


Paragraf pendahuluan harus bisa memberikan gambaran umum kepada pembaca mengenai topik yang akan dibahas. Dengan gambaran ini, diharapkan pembaca bisa memahami dan terpincut untuk membaca lebih lanjut.


Oleh karena itu pendahuluan essay yang disusun oleh jasa artikel blog haruslah menarik, sehingga pembaca penasaran dengan kelanjutan tulisan. Bagian pendahuluan juga biasanya dilengkapi dengan gagasan-gagasan umum, untuk kemudian bisa dikerucutkan lagi ke topik utama. 


  1. Paragraf isi

Bagian ini merupakan wadah pengembangan dari paragraph pendahuluan. Di sini akan membahas lebih detail dan mendalam mengenai isu yang telah diangkat pada paragraph sebelumnya. Paragraf isi harus bisa menjabarkan dengan jelas mengenai argumen penulis, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting, layaknya apa, mengapa, bagaimana, dan siapa.


Argumen ini harus bisa dihadirkan dengan kuat, karenanya tak bisa hanya mengandalkan pendapat kosong saja, melainkan harus didukung dengan referensi dan sumber data yang jelas serta valid. Semuanya dirangkum dan disitasi dengan standar penulisan ilmiah yang tepat. 


Penulisan paragraf isi harus memperhatikan mengenai beberapa aspek, yaitu kalimat utama, kalimat penjelas, dan kalimat penghubung yang menyambungkan dengan paragraph selanjutnya. Jangan sampai gagasan yang satu dan yang lainnya malah tidak sinkron, karena tidak terdapat jembatan antar paragrafnya.


  1. Paragraf kesimpulan

Bagian ini merupakan penutup dari essay. Berisi tentang rangkuman topik yang telah dibahas sebelumnya, beserta penegasan mengenai paragraf isi dari essay. Penulisan kesimpulan oleh jasa artikel blog harus jelas an tidak bertele-tele, agar pembaca tidak bingung.


Disarankan juga untuk tidak melakukan pengulangan bahasan di bagian ini. Kesimpulan harus padat dan jelas, sehingga pembaca bisa memahami intisari dari topi yang dibicarakan.


Selain berisi kesimpulan, penambahan berupa saran juga diperlukan, sebagai pelengkap sudut pandang terkait isu yang dibahas. Sama seperti penulisan paragraf sebelumnya, kesimpulan juga harus diramu, untuk menghindari pengisahan yang serupa, namun tetap bisa menyimpulkan keseluruhan bahasan.

Contoh essay untuk mendaftar beasiswa

Berikut merupakan gambaran singkat pembuatan essay, dengan tujuan sebagai persyaratan beasiswa.


Bagian judul: Aksi Nyata untuk Indonesia


Bagian pendahuluan : Saya menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Jawara pada tahun 2017. Ketertarikan saya pada ragam Indonesia mengantar saya mempelajari tentang komunikasi lintas budaya, dengan harapan dapat memiliki pandangan yang lebih luas mengenai bagaimana perbedaan komunikasi di Indonesia ternyata bisa bersatu dalam banyaknya budaya.


Bagian isi: Saya mengisi waktu-waktu di kampus dengan berbagai kegiatan, layaknya organisasi kemahasiswaan, komunitas menulis, organisasi kebudayaan, hingga kumpulan pecinta alam. Saya merasa bahwa keragaman Indonesia harus dilihat melalui banyak sisi, oleh sebab itu dengan mengikuti banyak organisasi, bertemu orang-orang baru, dan berada di lingkungan beragam akan memberikan saya kesempatan untuk mengenal Indonesia dengan lebih baik. 


Hingga pada tahun 2016 saya mendapat kesempatan untuk mewakili Universitas Jawara dalam kegiatan Jajak Budaya Nasional dan Internasional yang diselenggarakan di Jakarta dan Malaysia. Ketertarikan saya akan keragaman Indonesia semakin bertambah, hingga kemudian saya memiliki harapan yang tinggi untuk bisa menuliskan ragam budaya Indonesia dalam penelitian, jurnal, maupun buku bacaan.


Bagian kesimpulan: Apabila saya diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini, maka akan saya wujudkan dalam bentuk pengabdian penelitian. Sehingga nantinya kehebatan ragam Indonesia dapat dinikmati secara luas. Juga kontribusi untuk budaya Indonesia melalui penguatan pendidikan, melalui penulisan buku-buku referensi dan pendidikan, berbasis budaya local Indonesia.


Itulah bahasan mengenai tata cara penulisan essay, beserta contohnya, yang umumnya ditemukan dalam jasa artikel blog. Semoga bermanfaat untuk menginspirasi Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post