Friday, October 2, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Besi hollow 4x6 cm merupakan batang besi berbentuk balok yang sangat bagus jika dipadukan dengan beberapa tipe atau jenis besi hollow lainnya. Besi balok tersebut cocok jika diterapkan pada desain bangunan properti modern karena memiliki banyak kelebihan. Anda dapat menghemat biaya pembangunan proyek, namun tetap mendapatkan material properti yang kualitasnya terbaik.

Besi hollow beragam ukuran
Besi hollow beragam ukuran

Tipe besi hollow satu ini juga dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau sama seperti jenis hollow lainnya. Tetapi hal tersebut tetap bergantung pada jenis besi hollow 4x6 yang Anda pilih mengingat tersedia beberapa jenis yang dikategorikan dengan kualitas dan fungsi berbeda. Sebelum membangun properti dengan material ini, sebaiknya simak kriteria dan inspirasi desainnya berikut ini!

Kriteria Tipe Besi Hollow 4x6

Besi hollow memiliki ciri khas berupa ujung penampang yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 4x6 cm atau setara dengan 40x60 mm. Jika kedua ujungnya persegi panjang maka bentuk batang besi tersebut berupa, karena memiliki rongga di dalamnya. Bentuk dan tekstur permukaannya disesuaikan dengan jenis besi hollow, seperti galvalum, galvanis, gypsum, dan lainnya.


Kriteria tersebut sama seperti besi hollow dengan tipe ukuran lain, tipe besi 4x6 ini juga disediakan dalam ukuran ketebalan yang berbeda. Bentuknya yang cenderung lebih besar membuat besi hollow tipe ini lebih banyak dijadikan sebagai rangka kanopi atau pagar. Namun, jika Anda memiliki ide kreatif maka dapat menjadikannya sebagai bahan untuk aneka furniture rumah tangga yang unik.


Pemasangan besi hollow 4x6 memang lebih pas jika digabungkan dengan tipe lain yang ukuran penampangnya lebih kecil seperti 3x3, 2x2, atau 4x4. Hal itu karena besi hollow tipe ini dapat disusun secara vertikal maupun horizontal dengan penyangga besi yang berukuran persegi dengan sisi sama panjang dan simetris. Anda dapat memposisikan besi ini sebagai bingkai rangkaian tipe lebih kecil.

Inspirasi Aneka Desain Bagian Rumah Modern dari Besi Hollow 4x6

Sebelum Anda menentukan dan memilih jenis sekaligus tipe besi hollow 4x6 untuk proyek bangunan, sebaiknya ketahui beberapa ragam inspirasi menarik dengan memanfaatkan besi hollow. Anda akan memperoleh banyak pandangan terbaik saat memasang dan mendesain beberapa bagian rumah Anda dengan besi hollow, agar tampak elegan, modern, dan mewah.

1. Kanopi Minimalis Waterproof

Fungsi utama besi hollow 4x6 ini adalah sebagai material untuk membuat rangka penyangga kanopi atau rangka kanopi. Anda dapat memadukan besi tersebut dengan tipe ukuran 4x4 atau 2x2 sebagai penyangga yang berdiri tegak di bawahnya. Sementara tipe 4x6 disusun di bagian atas dengan pola dan desain tertentu berukuran mini dan terdapat kanopi waterproof di atasnya, sehingga tampak unik.

2. Kanopi Artistik Perpaduan Bahan Metal

Hollow 4x6 juga cocok dijadikan sebagai rangka pondasi kanopi yang mengelilingi atap di bagian tepi, kemudian dilengkapi aneka motif unik di tengah atap yang terbuat dari bahan metal. Anda bisa menambahkan penutup kanopi yang tembus pandang agar pola artistik dari metal tersebut terlihat dengan jelas. Anda akan menikmati suasana bersantai yang memukau sambil memandang langit.

3. Rak Sepatu Besi Hollow

Besi hollow juga dipilih sebagai material untuk membuat rak sepatu karena sifatnya yang awet, tidak mudah patah, rusak, atau berkarat saat terkena air. Desain rak sepatu hollow 4x6 dapat disusun di bagian samping sambil memadukannya dengan tipe 2x2 atau 3x3 di bagian tengah sebagai wadah sepatu. Anda bisa menambahkan berbagai hiasan unik berukir dan berpola dari besi di ujung atasnya.

4. Rak Piring dan Cucian Desain Putih Minimalis

Anda akan merasakan sensasi menghuni rumah mewah dan elegan ketika melengkapi semua furniturenya dengan memilih bahan hollow 4x6. Anda dapat menyulap besi tersebut menjadi rangka tempat cucian piring minimalis yang disambungkan dengan rak piring di bagian bawahnya. Agar desain tidak terlalu monoton, maka Anda dapat memilih warna putih atau warna selain hitam.

5. Pagar Besi Balok Modern

Pagar besi merupakan salah satu bagian desain arsitektur hunian yang sedang tren saat ini termasuk tipe ukuran 4x6 satu ini. Pagar besi berbentuk balok dapat didesain menjadi pola yang sangat menarik jika Anda kreatif mengembangkannya. Besi balok tersebut didesain berpotongan kemudian disambungkan tiap ujungnya hingga membentuk pola lipatan berkelok yang memanjang.

6. Pagar Besi Besar Desain Tertutup

Besi balok 4x6 satu ini juga cocok dijadikan sebagai pilihan saat Anda berencana membuat pagar besi berukuran sangat besar dan tinggi hingga menutupi bangunan setinggi 2 meter. Balok-balok besi disusun secara horizontal dan sangat rapat. Anda bisa melengkapinya dengan penutup besi berbentuk persegi berukuran cukup besar di bagian tengahnya.

Daftar Harga Besi Hollow 4x6 Semua Ukuran Ketebalan

Tipe Penampang & Ketebalan (mm)Harga Besi Hollow 40x40
40 x 60 x Tebal 0.60 mmRp85.040,-
40 x 60 x Tebal 1.10 mmRp138.800,-
40 x 60 x Tebal 1.40 mmRp145.680,-
40 x 60 x Tebal 1.70 mmRp150.160,-
40 x 60 x Tebal 2.00 mmRp213.520,-

Daftar harga besi hollow 4x6 di atas bisa saja berbeda atau berubah karena selalu mengalami penyesuaian dengan ketersediaan dan permintaan yang cenderung meningkat. Anda tetap harus mempertimbangkannya berdasarkan merk, ketebalan, dan jenisnya. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post