Thursday, October 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Hutan merupakan wilayah yang identik dengan tumbuhan lebat, pepohonan, rumput, jamur, dan berbagai ekosistem lainnya. Di Indonesia sendiri memiliki hutan dengan luas mencapai 133.300.543,98 hektar yang terbagi ke dalam beberapa daerah. Keberadaan hutan menciptakan daerah hijau yang berperan sebagai paru-paru dunia dan mencegah terjadinya kekeringan di bumi.

hutan hujan tropis
hutan hujan tropis

Jenis hutan di Indonesia bermacam-macam seperti hutan lindung, hutan produksi, dan hutan suaka alam.  Setiap daerah tentu memiliki jenis yang berbeda-beda. Anda dapat menjumpainya di dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, maupun pulau-pulau kecil.  Di antara tempat-tempat tersebut ada daerah yang merupakan penghasil hutan terbesar seperti berikut ini:

Daerah Penghasil Hutan Terbesar di Indonesia

1. Papua

Banyak wilayah di Papua yang belum terjamah oleh manusia. Di sana masih dijumpai suku maupun adat yang sangat melekat dengan alam. Kelestarian alam di lingkungan tempat tinggal warga masih terpelihara dengan baik.


Papua mempunyai luasan sekitar 40.546.360,00 hektar. Tidak sedikit pula orang asing yang berminat untuk menanamkan investasi. Indonesia sangat mengandalkan daerah ini sebagai penyumbang hutan terluas di seluruh dunia.


Papua menjadi satu-satunya harapan bagi Indonesia untuk memiliki hutan yang utuh. Pada tahun 2012, sisa hutan primer yang ada di Indonesia 38% nya dari Papua dan terletak di dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat.

Rumah tangah hutan di Korowai, Papua
rumah tangah hutan di korowai papua

Keistimewaan hutan tropis di Papua adalah memiliki tingkat keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia. Sebanyak 20.000 spesies tanaman, 125 mamalia, 602 jenis burung, dan 223 reptil dapat Anda temukan. Tak heran jika sumber mata pencaharian sebagian besar warga masih bergantung pada hutan.

2. Kalimantan Tengah

Saking luasnya hutan di Kalimantan Tengah menjadikan banyak orang yang menggeluti bidang perkebunan. Bahkan, banyak juga perusahaan yang mengelola area-area di hutan yang luasnya 15.300.000,00 hektar ini.

orang utan di hutan kalimantan tengah
orang utan di hutan kalimantan tengah

Kalimantan Tengah memiliki hutan rawa gambut yang menjadi Taman Nasional Sebangau, sehingga digunakan sebagai habitat berbagai flora maupun fauna, seperti orangutan, reptil, dan lain-lain.

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur tidak hanya terkenal akan kekayaan dari sektor penambangan saja, melainkan juga karena hutannya yang begitu luas, yakni sebesar 14.651.053 hektar. Salah satu jenisnya adalah hutan produksi yang besarnya 60% dari area hutan.


Ada empat daerah di Kalimantan yang oleh WWF dideklarasikan menjadi wilayah ekoregion. Di ekoregion tersebut terdapat ‘Jantung Borneo’, yaitu wilayah yang kaya akan hutan hujan. Diperkirakan hutan hujan memiliki umur lebih tua dibandingkan hutan Amazon. Jantung Borneo terluas salah satunya ada di Kalimantan Timur.

4. Riau

Riau dan Kepulauan Riau bergabung menjadi satu yang mana luas hutannya mencapai 9.456.160,00 hektar. Akan tetapi sangat disayangkan pada beberapa tahun ini terjadi kebakaran akibat adanya pengolahan lahan gambut.


Salah satu hutan di Provinsi Riau terdapat di Kabupaten Siak yang terdiri atas hutan produksi, hutan mangrove, hutan konversi, dan hutan cagar alam. Persentase pembagian hutan Siak berdasarkan fungsinya adalah 1,6% hutan lindung, 14,4% hutan suaka alam, 37,9% hutan produksi, 44,5% hutan produksi terbatas, dan 1,4% untuk hutan lainnya.  


Kehadiran hutan produksi sangat mendukung kemajuan industri hasil hutan. Bahan baku yang diperoleh dari alam diolah menjadi berbagai barang yang selama ini telah dipasarkan hingga ke luar negeri.


Di Riau ada 2 hutan adat yang terletak di Kabupaten Kampar. Hutan adat ini berfungsi sebagai pelindung kawasan hutan, habitat satwa dan mengatasi berbagai konflik sumber daya alam.


Hutan adat selalu dijaga dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan. Di dalamnya ada benih kulim, yaitu tanaman asli yang menjadi ciri khas hutan tropis di Sumatera.  

5. Kalimantan Barat

Pulau Kalimantan turut merajai hutan Indonesia. Pasalnya, banyak hutan luas yang tersebar dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat. Perjalanan ke Kalimantan Barat tidaklah mudah karena jalannya berliku dan terjal. Jenis hutannya adalah tropis yang mana dijumpai beragam ekosistem dan habitat. Luas hutannya adalah 9.101.760,00 hektar.


Hutan tersebut menjadi salah satu penyumbang oksigen terbesar yang dihasilkan dari  karbondioksida yang diserap pohon. Logikanya, di satu pulau saja hutan yang tersedia ribuan hingga jutaan hektar, jumlah pohonnya pun banyak. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa produksi oksigen per harinya bukan?


Betung Kerihun adalah hutan tropis di Kalimantan Barat sekaligus berfungsi sebagai taman nasional. Ada puluhan jenis mamalia yang hidup di Taman Nasional Betung Kerihun. Sedangkan, jenis floranya hingga mencapai ribuan dan beberapa di antaranya termasuk spesies endemik.


Meskipun hutan pada masing-masing daerah cukup luas, namun Anda harus tetap mengelolanya dengan baik mengingat usia bumi yang semakin tua serta kondisinya sudah rapuh. Selain itu, upaya tersebut ditujukan demi terciptanya keseimbangan ekosistem dan menjaga sumber resapan air terbesar, sehingga mencegah terjadinya bencana alam.

Next article Next Post
Previous article Previous Post