Thursday, October 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alam luar biasa. Mulai dari kayu, emas, kelautan hingga marmer. Marmer adalah salah satu kekayaan alam yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan banyak produk seperti patung, vas bunga, mangkuk dan sebagainya. Batuan lunak tersebut banyak dihasilkan oleh beberapa daerah di Indonesia yang hingga saat ini terus berupaya mengoptimalkan produksinya.

penambangan batu marmer mentah
penambangan batu marmer mentah

5 Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

1. Aceh

Aceh dikenal sebagai salah satu daerah yang banyak menghasilkan minyak serta gas bumi. Daerah yang mampu menghasilkan 1,7 juta barel minyak setiap tahunnya ini ternyata juga populer sebagai penghasil marmer. Paling banyak batuan lunak ini ditemukan di wilayah selatan Aceh. Potensi alam tersebut juga didukung dengan adanya laboratorium marmer dan granit di salah satu kampus ternamanya.


Walaupun ketersediaan stok bebatuan marmer di Aceh masih sangat banyak, akan tetapi produksi marmer masih belum sesuai harapan. Maka dari itu, Pemerintah Aceh mulai membangun kerjasama pembangunan pabrik marmer dengan salah satu investor ternama di Kawasan Industri Aceh. Kiranya kerjasama tersebut bisa semakin mengoptimalkan pengelolaan SDA khususnya marmer. 

masjid raya aceh menggunakan lantai marmer
masjid raya aceh menggunakan lantai marmer

2. Lampung

Daerah Lampung populer dengan julukan penghasil biji besi. Selain itu, The Gateway of Sumatera ini juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang cukup banyak menghasilkan marmer. Ada begitu banyak lokasi penambangan bebatuan marmer yang bisa ditemukan dengan mudah, misalnya di Natar, tepatnya Desa Relung Helak dengan potensi SDA sekitar 50 hektare.


Opsi penambangan marmer lainnya yang cukup terkenal di Lampung ada di Kampung Bukit Harapan daerah Way Tuba. Daerah ini bisa menghasilkan 44.161.000 ton bebatuan marmer. Anda bisa menjumpai begitu banyak variasi kerajinan dari marmer dengan tampilan cantik. Misalnya, kursi marmer bulat, kursi marmer teras rumah, meja makan marmer, dan lainnya. 

3. Jawa Barat

Provinsi yang memiliki lagu daerah Bubuy Bulan ini juga memiliki beberapa daerah penghasil marmer. Menariknya lagi, sejumlah perusahaan yang menangani produksi dan pengolahan marmer di Jawa Barat juga telah banyak memasarkan produknya sampai ke luar negeri. Pemasaran tersebut merangkak mulai dari Australia, Jepang, Korea Selatan, sampai Amerika Serikat.


Belum lagi banyaknya permintaan marmer di dalam negeri yang begitu berlimpah ruah. Umumnya produk olahan marmer yang laris manis di pasaran di antaranya kerajinan, slabs, tiles, cut to size, block, hingga perlengkapan rumah tangga. Selain kualitasnya yang bagus, alasan banyak orang mencari marmer lokal karena harganya yang relatif terjangkau.

4. Jawa Tengah

Bukan hanya Jawa Barat saja yang banyak menghasilkan marmer berkualitas bagus. Jawa Tengah juga memiliki daerah penghasil marmer terbaik yakni Magelang. Magelang diketahui menjadi daerah penghasil marmer paling besar di Jawa Tengah. Jika Anda ingin menjumpai daerah tepatnya yang menghasilkan bebatuan cantik ini, maka bisa langsung singgah ke Kecamatan Salaman.


Sebagian besar warga di Salaman bekerja sebagai penambang marmer. Keberadaan tambang marmer tersebut juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini dikenal dengan nama Museum Alam Marmer Langka. Di tempat ini para pengunjung dapat dengan santainya menikmati nuansa taman bebatuan marmer yang begitu memukau.


Menakjubkannya lagi adalah pengunjung juga bisa menemukan keramik langka berserat merah yang jarang ditemui di tempat lain. Kabarnya marmer semacam ini hanya bisa dijumpai di Italia. Tentu ini akan menjadi momen tidak terlupakan seumur hidup saat berkunjung ke tempat ini.

5. Jawa Timur

Surganya marmer di Indonesia adalah Jawa Timur tepatnya Tulungagung, bahkan tambang marmer Tulungagung sudah ada sejak zaman Belanda. Anda bisa dengan mudahnya menemukan industri marmer disini. Salah satu yang paling dikenal ada di desa Besole. Banyaknya industri marmer yang berkembang juga didukung oleh banyaknya persediaan marmer di alam bebas.

nama dan jenis-jenis bebatuan marmer.jpg
nama dan jenis-jenis bebatuan marmer


Bahkan marmer Tulungagung sudah begitu dikenal dunia. Setiap tahunnya permintaan marmer Tulungagung di kancah internasional selalu merangkak naik, misalnya teko, kijing makam, wall cladding, plakat, papan nama sekolah, meja tamu, patung, lantai, dan sebagainya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mau coba produk marmer lokal berkelas internasional seperti ini. Temukan yang sesuai kebutuhan.


Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu ada sedikit halangan untuk bisa sampai ke tempat pengrajin marmer terbaik di Tulungagung. Akan tetapi, saat ini sudah banyak produsen marmer yang menjual produknya via online. Tentu saja ini akan semakin memudahkan Anda.


Sejatinya marmer merupakan batuan alam lunak yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam produk seperti halnya kebutuhan rumah tangga dan sejumlah benda penting lainnya. Anda juga tidak perlu jauh-jauh membeli marmer sampai ke luar negeri. Nyatanya di dalam negeri pun ada begitu banyak daerah penghasil marmer yang cukup besar. Pastinya juga menawarkan kualitas dan harga terbaik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post