Monday, October 12, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Apuse merupakan sebuah lagu daerah yang seringkali dinyanyikan dan juga diajarkan di sekolah dasar dalam pelajaran kesenian karena lagu ini memiliki irama yang sederhana namun tetap indah sehingga lebih mudah dipelajari. Daerah asal lagu Apuse yaitu berasal dari Provinsi Papua.


Tidak diketahui siapa nama jelas pencipta lagu Apuse namun penciptanya merupakan seorang asal Jayapura. Mungkin hampir seluruh rakyat Indonesia sudah mengenal lagu ini karena memang diajarkan dari saat Sekolah Dasar bahkan hingga masyarakat umum.


Hingga saat ini pun lagu Apuse masih diajarkan dan dinyanyikan di sekolah atau sebagai lagu daerah pada acara-acara tertentu. Irama lagu Apuse dari Papua (Biak) ini juga seringkali digunakan setiap timnas sepak bola Indonesia akan bertanding namun liriknya diubah dengan “Garuda di Dadaku”.


Tentu sudah banyak yang menghafal lagu Apuse karena sudah diajarkan sejak kecil di sekolah. Hanya saja meskipun sudah menghafal lirik lagunya, banyak yang masih belum memahami arti dari lirik lagu Apuse yang berasal dari Provinsi Papua pulau Biak Papua. 

Arti Lagu Apuse

Lagu Apuse menceritakan tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya. Cucu tersebut hendak merantau ke Teluk Doreri di Manokwari sehingga berpamitan terlebih dahulu kepada kakek neneknya. Memang Teluk Doreri pernah menjadi tempat pelabuhan yang sangat penting terbukti dari banyaknya kapal-kapal yang karam di dalam teluk. 

anak dan orang tua, latar lagu apuse
anak dan orang tua, latar lagu apuse

Teluk Doreri juga merupakan pintu masuk yang digunakan untuk menuju Manokwari dengan melalui jalur laut. Berdasarkan sejarahnya, Teluk Doreri memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran Agama Kristen di wilayah Papua. Hingga saat ini Teluk Doreri sudah menjadi pelabuhan untuk kapal antar pulau di Papua dan juga Domestik Nasional. 

Lirik Lagu Apuse

Bagi anak-anak sekolah dasar biasanya memang diajarkan untuk menghafal lagu-lagu daerah termasuk salah satunya lagu Apuse asal Papua yang satu ini. Namun seiring bertambahnya waktu dan kenaikan kelas, lagu ini tidak diajarkan lagi dan pada akhirnya murid-murid melupakan lirik lagu bahkan artinya.


Padahal tidak ada salahnya untuk menghafal dan mempelajari setiap lagu-lagu daerah beserta maknanya karena dapat memberikan sisi positif apalagi makna-makna yang terkandung di dalam lirik lagu daerah tersebut.

Lirik Lagu Apuse:

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dao 


Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Arti Lirik Lagu Apuse: 

(Kakek-nenek ku mau)
(Pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri)
(Pegang saputangan dan melambaikan tangan)
(Kakek-nenek aku mau)


(Pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri)
(Pegang saputangan dan melambaikan tangan)
(Kasihan aku, selamat jalan cucuku)
(Kasihan aku, selamat jalan cucuku)


Judul lagu “Apuse” yang artinya Kakek atau Nenek artinya lagu ini ditulis dari sudut pandang cerita hari seorang kakek atau nenek. Jadi, seorang kakek atau nenek memiliki seorang cucu di mana pada suatu hari cucunya ingin pergi merantau untuk mencari pengalaman hidup dan kehidupan yang lebih baik ke negeri atau daerah seberang. 


Lihat pula: Tifa Alat Musik Asal Papua


Tempat yang ingin dituju yaitu Teluk Doreri yang merupakan pusat roda perekonomian yang sangat penting karena merupakan pelabuhan Domestik Nasional, pintu masuk jalur laut ke Manokwari, dan berperan dalam penyebaran agama kristen katolik. Inilah makna lagu Apuse dan lirik lagu beserta daerah asalnya yaitu di Papua.

Next article Next Post
Previous article Previous Post