Thursday, November 5, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Warga DKI Jakarta semakin dimudahkan untuk membayar pajak kendaraan, berkat kehadiran sejumlah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengecek status serta besaran pajak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut.

pajak mobil motor DKI Jakarta
pajak mobil motor DKI Jakarta

Beragam aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Untuk saat ini, beberapa aplikasi hanya tersedia untuk pengguna Android. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan di DKI Jakarta? Simak daftar berikut yang dirangkum oleh tim tax consultant Jakarta:

Daftar Aplikasi Pintar untuk Cek Pajak Kendaraan di Jakarta

  1. Samsat Online Nasional

Samsat Online berlaku secara nasional dan dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Aplikasi ini menghadirkan berbagai layanan untuk memudahkan Anda dalam mengetahui jumlah pajak kendaraan, serta melakukan pembayaran.


Untuk mengecek informasi jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar, Anda dapat menggunakan menu Info Pajak. Sedangkan untuk pembayaran, Anda bisa mengakses menu Pendaftaran untuk memperoleh kode bayar. Cek menu Info Proses untuk mengetahui proses yang sudah Anda lakukan.


Selain pengecekan dan pembayaran, aplikasi ini juga didukung berbagai menu seperti E-TBPKP untuk menampilkan bukti pembayaran. Selain itu, ada juga menu Pindah Bukti untuk memindahkan bukti pembayaran dari satu ponsel ke ponsel lainnya.


Anda juga bisa melakukan pengaduan terkait layanan, kritik, dan saran melalui menu Pengaduan. Untuk mendapatkan panduan dalam menggunakan aplikasi, Anda dapat memanfaatkan menu Panduan dalam aplikasi tersebut.

  1. Cek Ranmor

Aplikasi pintar ini memudahkan Anda untuk mengetahui informasi lengkap mengenai kendaraan, termasuk besaran pajak yang harus dibayarkan. Tanpa perlu repot, Anda hanya perlu memasukkan nomor polisi dan NIK untuk mengetahui data mengenai kendaraan bermotor.


Link play storedki.gov.kominfo.cekranmordki


Cek Ranmor dapat ditemukan dan diunduh di Google Play Store. Cara menggunakannya cukup mudah, namun Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan akun Gmail. Setelah Sign in, masukkan NIK dan nomor polisi untuk mengetahui informasi tentang kendaraan tersebut.


Data yang ditampilkan meliputi tipe dan merek kendaraan, tahun pembuatan, masa pajak & masa STNK, jumlah pajak, denda pajak, dan lain sebagainya. Terdapat pula jadwal pengingat pajak yang sangat berguna untuk membantu Anda agar bisa membayar pajak tepat waktu.


Tak kalah menarik lagi adalah informasi perhitungan pajak akan menyesuaikan dengan jumlah kendaraan yang Anda miliki. Dengan kata lain, besaran pajak akan terakumulasi secara otomatis jika nama Anda digunakan untuk kepemilikan lebih dari satu kendaraan.

  1. Pajak Online DKI Jakarta

Aplikasi yang diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta ini dapat membantu Anda mengecek pajak kendaraan dengan mudah dan efisien. Aplikasi ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai objek pajak yang telah didaftarkan sebelumnya melalui http://pajakonline.jakarta.go.id.


Pajak Online memang tidak dirancang secara khusus untuk pajak kendaraan bermotor. Meskipun demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui jumlah pajak kendaraan dan melakukan pembayaran tanpa perlu mendatangi kantor Samsat atau bank.

jenis jenis pelayanan pajak di pajakonline jakarta
jenis jenis pelayanan pajak di pajakonline jakarta

Aplikasi ini dapat mengeluarkan kode bayar yang bisa Anda gunakan untuk membayar pajak melalui berbagai e-channel, seperti ATM, Mobile Banking, atau e-Banking. Pastikan bank yang akan Anda gunakan telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta.


Selain pajak kendaraan bermotor, aplikasi Pajak Online juga mendukung 9 jenis pajak lainnya, seperti pajak bumi dan bangunan, pajak hotel, pajak reklame, pajak hiburan, hingga pajak parkir. Pastikan Anda telah melakukan registrasi di pajakonline.jakarta.go.id, sebelum memanfaatkan aplikasi ini.


Sudah seharusnya kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Dengan diluncurkannya aplikasi online untuk cek pajak kendaraan, Anda akan lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan tepat waktu. Tidak perlu antre, tidak perlu membuang waktu lagi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post