Saturday, November 28, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bagi yang pernah mengikuti pramuka pastinya tidak asing dengan Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya dan Dwi Satya. Hal ini wajib dihafal bagi Anda yang akan atau sedang mengikuti pramuka. Itu semua adalah sebuah perjanjian yang disebutkan ketika seseorang sudah mengikuti pramuka.

aktivitas camping pramuka
aktivitas camping pramuka

Setiap Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya dan Dwi Satya memiliki isi perjanjian yang berbeda-beda. Berikut adalah isi dan histori Dwi Darma, Dasa Darma, Tri satya dan Dwi Satya pramuka.

Dwi Darma

Dwi Darma mempunyai dua arti yaitu ‘Dwi’ adalah dua, sedangkan ‘Darma’ adalah pengamalan. Jadi pengertian dari Dwi Darma yaitu dua pengamalan anggota pramuka yang harus dilaksanakan dalam kehidupan.


Berikut adalah isi dari Dwi Darma:


  1. Siaga patuh kepada ayah dan ibunda.
  2. Siaga berani mengambil sebuah keputusan.


Setiap isi dari Dwi Darma mempunyai histori atau arti yang perlu diketahui oleh seorang pramuka. Pertama adalah patuh kepada orang tua yaitu ayah dan ibu. Pramuka siaga wajib mengamalkan ini, yaitu tidak boleh membantah apa yang dikatakan oleh kedua orang tua dan harus selalu berbakti kepadanya.

logo gerakan pramuka indonesia
logo gerakan pramuka indonesia

Kedua, pramuka siaga harus mempunyai keberanian untuk mengambil sebuah keputusan. Hal ini akan berpengaruh kepada kepribadian seorang anggota pramuka untuk menjadikan Anda pemimpin yang layak.

Dasa Darma

Dasa Darma dalam bahasa Sansekerta memiliki dua arti, arti ‘Dasa’ adalah sepuluh dan ‘Darma’ adalah kewajiban. Oleh karena itu, Dasa Darma adalah sepuluh kewajiban seorang pramuka yang perlu ditanamkan.

peran pramuka selama covid
peran pramuka selama covid / jabarprov.go.id

10 sikap dan nilai yang harus dimiliki oleh seorang pramuka di antaranya:


  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya,
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Setiap isi dari Dasa Darma memiliki arti penting serta sejarah yang bisa dipelajari bagi seorang pramuka.

· Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Anggota pramuka pastinya wajib memiliki ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena untuk menjunjung tinggi nilai harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan serta menjalankan segala perintah-NYA.

· Mencintai Alam serta Kasih Sayang Sesama Manusia

Cinta dan kasih sayang tidak hanya dilakukan kepada manusia saja, tetapi kepada setiap makhluk hidup wajib saling mengasihi dan menyayangi, seperti halnya menyayangi seluruh alam semesta.

· Patriot yang Sopan dan Ksatria

Setiap seorang pramuka wajib memiliki sifat seperti seorang patriot dan ksatria. Hal ini merupakan cerminan diri seorang pramuka yang sopan dan santun serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia untuk kedaulatan rakyat Indonesia.

· Patuh dan Suka Bermusyawarah

Sikap yang patuh dan berani adalah sikap yang wajib dimiliki seorang pramuka. Tidak boleh menolak dan harus siap menghadapi segala sesuatu yang akan dijalaninya, serta dalam pengambilan keputusan dilakukan musyawarah untuk mencapai mufakat.

· Rela Menolong dan Tabah

Rasa kemanusiaan yang tinggi untuk menolong sesama makhluk yang membutuhkan adalah sifat dari seorang pramuka. Jika ada teman seorang pramuka yang mengalami musibah mereka harus saling menolong dan tabah atas apa yang telah terjadi.

· Rajin Terampil dan Gembira

Rajin dalam melakukan segala sesuatu dibutuhkan untuk setiap anggota pramuka. Setiap kegiatan juga harus dilaksanakan dengan riang dan gembira.

· Hemat Cermat dan Bersahaja

Setiap anggota pramuka harus memiliki sifat hemat, cermat dan bersahaja. Karena mereka harus menempatkan segala sesuatu dengan baik, penuh perhitungan, dan bijak.

· Disiplin Berani dan Setia

Anggota pramuka harus disiplin dalam waktu, serta berani mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan setia kepada anggota pramuka lainnya.

· Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Bertanggung jawab dalam setiap masalah atau kesalahan yang diperbuat anggota pramuka adalah sifat yang paling wajib dimiliki. Karena itu akan mencerminkan kejujuran anggota, sehingga anggota pramuka menjadi pribadi yang dapat dipercaya.

· Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Pikiran, perkataan, serta perbuatan pastinya menjadi suatu hal penting untuk dijaga oleh setiap anggota pramuka. Hal ini akan mencerminkan diri seorang pramuka yang suci dalam hal tersebut.

hari pramuka 2020
hari pramuka 2020

Tri Satya

Dalam bahasa Sansekerta ‘Tri’ berarti tiga dan ‘Satya’ berarti kesetiaan, jadi Tri Satya adalah tiga janji sebagai bentuk kesetiaan yang harus dilakukan oleh anggota pramuka. Berikut adalah isi Tri Satya:


  1. Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila.
  2. Menolong sesama makhluk hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  3. Menepati Dasa Darma.

Arti dari setiap Tri Satya yang pertama adalah seorang pramuka wajib menjalankan segala perintah Tuhan Yang Maha Esa serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan wajib mengamalkan nilai-nilai Pancasila.


Kedua, Anda sebagai seorang pramuka harus memiliki rasa empati terhadap sesama makhluk hidup dan mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat agar lebih baik. Ketiga, setiap anggota pramuka wajib menepati Dasa Darma.

Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan

Dwi Satya

Hampir sama halnya dengan Dwi Darma, Tri satya serta Dasa Darma, Dwi Satya juga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘Dwi’ adalah dua sedangkan ‘Satya’ adalah kewajiban. Maksudnya adalah dua kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka.


  1. Berjanji akan bersungguh–sungguh dalam menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengikuti tata krama keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

Isi Dwi Satya memiliki makna setiap anggota diwajibkan untuk bersunggung-sungguh menjalankan kewajiban Tuhan Yang Maha Esa serta mengikuti tata krama yang ada dalam keluarga, dan berbuat baik kepada anggota lain serta kepada masyarakat. Isi Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya dan Dwi Satya pramuka perlu Anda amalkan sebagai seorang pramuka. Semuanya berisi kebaikan, sehingga tentunya akan mengembangkan diri Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post