Tuesday, November 24, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kampung budaya merupakan destinasi wisata menarik yang penuh edukasi. Selain itu, kamu dapat menikmati pemandangan alam pedesaan yang masih asri dan kehangatan penduduk setempat. Salah satunya ada di daerah Bogor yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. 

Bangunan Adat di Sindang Barang
Bangunan Adat di Sindang Barang

Alamat persisnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 5 km dan harus ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Penasaran ada apa saja di kampung tersebut? 

Daya Tarik Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Sindang Barang merupakan pilihan tepat untuk mengetahui kekayaan seni dan budaya tanah Sunda. Jangan dulu terbayang sebuah tempat yang kaku dan membosankan. Justru kamu akan betah menghabiskan waktu luang di sana, karena 7 alasan berikut ini: 

Rumah Adat 

Bangunan paling ikonik di Kampung Sindang Barang adalah rumah adat Sunda. Jumlahnya  sekitar 20 rumah dengan fungsi yang berbeda, seperti tempat tinggal kepala adat, tempat tinggal warga, tempat menyimpan padi, dan balai untuk berkumpul. 


Kamu akan melihat semua rumah dibangun menghadap ke barat. Bentuknya adalah rumah panggung dengan ukuran berbeda dan yang paling besar disebut dengan Imah Gede. Rumah tersebut dihuni khusus oleh kepala adat. 


Beberapa rumah adat juga dijadikan tempat penginapan. Jadi, kamu bisa bermalam di Kampung Sindang Barang sambil mengamati keindahan dan kekhasan rumah adat dari dekat. Serunya lagi, kamu bisa berbaur dengan warga setempat.  

Wisata Purbakala

Dulunya, Kampung Sindang Barang berada di kawasan Kerajaan Sunda yang ternyata meninggalkan situs purbakala. Kamu beruntung jika melihat situs tersebut karena tidak akan ditemui di tempat manapun. 


Wisata situs purbakala dilakukan dengan tracking melewati jalur sungai dan persawahan di sekitar kampung. Alam yang masih asri dan udara yang segar tidak akan membuat kamu cepat lelah. 


Beberapa peninggalan sejarah yang ada antara lain Taman Sri Bagenda, punden berundak, batu kursi, batu menhir, batu tapak, dan batu dakon.  

Sanggar Seni dan Budaya 

Kampung Sindang Barang ditinggali oleh beberapa seniman yang mengurus sanggar. Beberapa pertunjukan kesenian kadang dipertontonkan untuk menghibur wisatawan. Bahkan, para wisatawan juga bisa langsung belajar gerakan tarian dan memainkan alat musik tradisional. 

Bangunan Adat di Sindang Barang
Bangunan Adat di Sindang Barang

Tarian yang biasa dipentaskan adalah tari Jaipongan. Selain menikmati suguhan seni dan budaya, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas langsung seperti:


  1. Memainkan alat musik tradisional, seperti gamelan sunda dan angklung
  2. Praktek menanam padi khas masyarakat Sunda
  3. Belajar tari Jaipong 
  4. Menyantap berbagai kuliner khas Sunda
  5. Mempelajari sejarah dan adat setempat langsung dari para sesepuh 
  6. Membuat keris dari daun kelapa
  7. Membuat wayang dari padi
  8. Membuat sandal khas Kampung Sindang Barang 

Upacara Adat 

Setiap bulan Muharram, Upacara Seren Taun diselenggarakan di Kampung Budaya Sindang Barang. Upacara tersebut merupakan bentuk perayaan panen raya yang melibatkan pejabat dan seluruh masyarakat.


Seren Taun diadakan selama 7 hari berturut-turut. Kamu bisa menyaksikan langsung berbagai ritual adat, tarian khas, dan makanan khas daerah setempat. Maka, jangan lupa datang di waktu yang tepat. 

Panti Pijat  

Kalau perlu relaksasi setelah berkeliling, kamu bisa memanfaatkan jasa pijat tradisional ala Sindang Barang. Tidak perlu khawatir karena pemijat adalah orang yang berpengalaman. 


Bahkan beberapa pengunjung ada yang sengaja hanya untuk pijat. Sebab metode pijat yang digunakan dapat mengobati berbagai masalah syaraf dan otot. 

Wisata Air 

Kampung Budaya Sindang Barang berjarak 1 jam dari Sungai Ciberang. Kalau ingin aktivitas yang asyik dan menantang, kamu bisa ke sungai untuk melakukan rafting. 


Pihak pengelola sudah menyediakan peralatan lengkap sekaligus instruktur berpengalaman. Dengan begitu, para pemula tidak perlu takut karena safety terjamin dan dipandu langsung selama rafting. 


Apakah sudah tidak sabar ke Sindang Barang? Kampung budaya tersebut memang menawarkan wisata lengkap. Kamu bisa mengetahui sejarah, kebudayaan, dan kesenian sekaligus belajar mempraktekkannya. Refreshing di sungai dan alam bebas juga daya tarik lain yang menggiurkan. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post