Saturday, November 7, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bagi Anda yang sudah mengenal aplikasi E-Office pasti tidak akan terkejut dengan penggunaan SINDE atau Sistem Naskah Dinas Elektronik. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi tersebut adalah sama atau dengan kata lain, SINDE adalah pemutakhiran dari E-Office.

Apa Itu SINDE?

SINDE adalah sebuah sistem yang menggunakan basis TIK. Sistem ini membantu tata laksana surat menyurat dalam diri dinas kemendikbud sehingga bisa lebih mudah dan cepat. Tampilan SINDE sendiri dibuat berdasarkan konsep surat-menyurat digital dari platform yang sudah ada.

SINDE Kemdikbud
SINDE Kemdikbud

Maka dari itu, bagi Anda yang sudah sering menggunakan aplikasi semacam Gmail, YahooMail atau aplikasi surat-menyurat digital lainnya pasti tidak akan sukar mengakses tampilan SINDE. Fitur-fitur yang tersedia pun hampir sama dengan platform konvensional yang sudah ada.


Dengan adanya SINDE maka proses surat-menyurat bisa lebih cepat antar bagian dari kemendikbud. Namun, aplikasi ini bersifat tertutup alias hanya para ASN yang bisa mendapatkan akses untuk menggunakan aplikasi ini.


Hal ini disebabkan karena pembuatan situs ini memang diperuntukkan untuk kalangan kemendikbud untuk membantu kelancaran proses digitalisasi persuratan. Akses, seperti nama pengguna dan kata kunci, untuk masuk ke dalam aplikasi pun diperoleh dari dinas terkait yang menaungi pemilik akun.

Fitur yang Tersedia di SINDE

· Profil

Pada bagian ini, Anda akan menemukan informasi berkaitan dengan pemilik akun pengakses SINDE. Misalnya Anda membuka fitur profil Anda sendiri, maka di sana akan terpampang foto profil, jabatan, nama lengkap dan informasi lainnya.

· Beranda

Sama seperti media sosial lainnya, beranda adalah teras atau halaman dari sebuah rumah. Pada bagian ini, Anda dapat melihat tampilan muka dari semua fitur yang ada sebelum nanti Anda memilih salah satu fitur yang akan diakses.

· Tambah Surat Masuk

Pada bagian ini, Anda dapat mengarsipkan setiap surat yang masuk ke dalam akun Anda. Anda dapat memberikan tanda pada beberapa surat penting sehingga akan selalu menjadi prioritas ketika akun diakses.

· Surat Masuk

Ketika ada surat dinas yang masuk, maka surat tersebut akan dimasukkan ke dalam fitur ini. Anda dapat mencari semua surat yang masuk dari berbagai tanggal dalam kolom ini. Ketika ada tanda di bagian surat, maka artinya ada surat yang belum terbuka dan terbaca.

· Surat Keluar

Kebalikan dari surat masuk, maka jika Anda mencari semua surat yang keluar, maka fitur ini yang harus Anda cari.

· Disposisi Masuk

Disposisi masuk berbeda dengan surat masuk. Pada fitur ini, akan terlampir bagian surat yang langsung terbuka lengkap dengan keterangannya, mulai dari nama pengirim, tanggal dan lain sebagainya.


Fitur ini dibutuhkan karena ada beberapa surat dinas yang membutuhkan tindakan segera, misalnya membutuhkan tanda tangan, cap, review dan lain sebagainya. Tentunya, semua kebutuhan tersebut juga mengalami proses digitalisasi, termasuk tanda tangan dan cap kedinasan.


Pada kolom ini juga akan terlihat berapa banyak surat yang sudah dilakukan tindakan sesuai dengan kebutuhannya. 

· Disposisi Keluar

Pada bagian disposisi keluar, maka semua tindakan yang sudah dilakukan pada fitur disposisi masuk akan terekam dan dimasukkan ke dalam fitur ini. Dengan melihat fitur disposisi keluar, Anda dapat melihat nama penerima surat, jenis tindakan, review tindakan dan lain sebagainya. 

· Notifikasi

Ketika mendapatkan catatan, surat masuk maupun pemberitahuan lainnya, maka akan ada tanda pada bagian ini. Anda dapat mengakses kabar terkini dengan melihat kolom notifikasi.


Jika Anda mengunduh aplikasi SINDE pada ponsel pintar Anda, maka notifikasi semacam ini akan nampak pada layar ponsel. 

Fitur fitur aplikasi persuratan kemdikbud
Fitur fitur aplikasi persuratan kemdikbud

Cara Masuk ke Situs atau Aplikasi SINDE

  • Buka situs SINDE kemendikbud.
  • Pada tampilan muka, Anda akan menemukan kolom username dan password.
  • Masukkan username dan password yang sudah diberikan oleh dinas terkait, yang merupakan akses khusus yang hanya dimiliki oleh Anda.
  • Klik tombol “Login.
  • Akses fitur yang Anda butuhkan.
  • Hal ini juga berlaku sama ketika Anda membuka SINDE lewat aplikasi ponsel.

Kemudahan proses surat-menyurat, terlebih ketika terjadi situasi yang mempersempit kemungkinan tatap muka karena pandemi, tentunya sangat membantu. Dengan adanya SINDE, surat dinas yang masuk pun akan terarsip dengan baik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post