Tuesday, December 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Apakah Anda pernah dibuat bingung oleh duku dan langsat atau bahkan suka salah sebut? Hal tersebut lumrah karena penampakan pohon hingga buahnya memang sekilas sama. Baik pohon langsat maupun pohon duku berasal dari satu keluarga yaitu Lansium domesticum. Lalu, adakah perbedaan antara keduanya?

Perbedaan Pohon Duku dan Pohon Langsat

Tidak perlu lagi bingung untuk membedakan pohon duku dan langsat. Berikut 4 hal yang menjadi patokan bahwa kedua pohon tersebut tidaklah sama:

Batang Pohon

Salah satu ciri yang paling mudah diperhatikan adalah bentuk batang pohon. Langsat memiliki batang pokok yang berbentuk lurus dengan tinggi antara 10 sampai 20 meter.

pohon langsat berbuah lebat
pohon langsat berbuah lebat / Indonesiakaya

Batang tersebut terlihat ramping dan ditumbuhi oleh bunga yang berwarna kekuningan. Sedangkan batang pohon duku memiliki ukuran yang lebih besar. Tipe percabangan pohon duku tegak dan ditumbuhi banyak daun sehingga terlihat lebih rimbun dibanding pohon langsat.

Kulit Buah

Kedua jenis pohon tersebut memiliki bentuk buah yang sama-sama membulat dan berwarna kekuningan. Namun kalau diperhatikan secara detail, keduanya ternyata berbeda.


Apabila dikupas, buah langsat mempunyai kulit yang tipis sedangkan kulit buah duku lebih tebal. Getah pada kulit lebih banyak ditemukan pada buah langsat dibanding buah duku.


Oleh sebab itu, buah langsat mengalami pembusukan yang lebih cepat. Jika Anda memetik buah langsat lalu membiarkannya selama 2 atau 3 hari, maka kulit buah akan mulai membusuk ditandai dengan warna kehitam-hitaman.

daging dan kulit buah langsat
daging dan kulit buah langsat / Indonesiakaya

Sedangkan sedikitnya getah pada kulit duku menjadikan buahnya lebih tahan lama. Selain itu, terasa lebih nyaman saat buah dikupas karena tidak terlalu lengket.

Daging Buah dan Aroma

Pohon langsat menghasilkan buah yang tumbuh bergerombol dalam satu tangkai seperti buah kokosan. Buah duku juga sama namun yang membedakan adalah jumlah buah per tangkai.


Buah langsat memiliki jumlah antara 15 hingga 25 buah setiap tandannya. Sedangkan jumlah buah duku pada setiap tangkai hanya 3 hingga 10 buah.

penampilan buah langsat mirip duku
penampilan buah langsat mirip duku / Indonesiakaya

Daging buah langsat tidak setebal daging buah duku namun kandungan airnya cukup banyak. Kandungan air pada buah duku lebih sedikit dengan daging buah yang memiliki ketebalan lebih. 


Saat dimakan, buah langsat mengeluarkan rasa asam yang lebih dominan dibanding rasa manis. Berbeda halnya dengan rasa buah duku yang lebih manis. Maka tidak mengherankan kalau banyak orang yang lebih menggemari buah duku.


Soal aroma, buah duku cenderung lebih harum walaupun tetap terasa bau getahnya. Sedangkan buah langsat lebih mengeluarkan aroma getah namun tidak begitu mengganggu.

Kandungan dan Manfaat

Seperti halnya buah lain, duku dan langsat pun mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh. Dibandingkan dengan buah duku, langsat memiliki kandungan vitamin dan kalori yang lebih banyak. Namun bukan berarti kandungan buah duku sangat sedikit.


Manfaat dari pohon langsat antara lain menambah energi, meningkatkan imunitas tubuh, membantu mengatasi diabetes, menurunkan berat badan, membantu mencerahkan wajah dan menghindarkan kulit dari penuaan dini.


Kemudian, manfaat dari pohon duku meliputi menghindarkan dari penyakit jantung, mengatasi anemia, membantu menguatkan tulang, menjaga kesehatan organ penglihatan, menjaga kesehatan mulut dan mengobati diare.


Serupa tapi beda memang deskripsi singkat yang tepat untuk pohon duku dan pohon langsat. Apabila buahnya dijejerkan, mungkin Anda kesusahan untuk membedakan. Maka, Anda harus mengupas kulit, merasakan tekstur daging buah dan mencicipi rasa kedua buahnya.


Apabila membedakan dari pohon, maka lihat saja ukuran batang dan tandan buahnya. Adapun jenis duku yang paling terkenal adalah duku Palembang karena juara dalam hal rasa yang manis dan biji yang kecil. Sedangkan jenis langsat yang paling terkenal adalah langsat Aceh. Sebab, buah langsat tersebut memiliki rasa yang paling manis.

Next article Next Post
Previous article Previous Post