Friday, January 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Indonesia memiliki peluang besar menjadi sentra mutiara dunia. Kemungkinan ini, didukung data dimana lebih dari 50% mutiara laut selatan terbaik berasal dari Indonesia. Dua pertiga adalah daerah penghasil mutiara terbaik di bawah sembilan negara lainnya.


Sayangnya, peluang ini belum cukup dimanfaatkan Indonesia, atau pemerintah setempat secara bijak. Terbukti dari banyaknya warga yang lebih senang mengimpor mutiara imitasi dibanding membeli mutiara laut selatan.

Kerang mutiara di laut
Kerang mutiara di laut

Kendala terbesar berada pada eksportir mutiara karena kurangnya sertifikasi dari pemerintah. Akibatnya, sering terjadi klaim sepihak kerang asal Indonesia di negara lain di antara pengepul asing.


Karenanya perlu budidaya dan pengelolaan maksimal terhadap produsen mutiara dalam negeri. Jika mutu mutiara bisa mencapai potensi terbaiknya, maka penghasilan bisa diperoleh negara jauh lebih besar.


Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah wilayah yang dikenal sebagai penghasil mutiara terbaik, berikut daftarnya.

Martapura, Kalimantan

Selain dikenal sebagai kota santri, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan juga menyimpan kekayaan lain. Tepatnya di Kecamatan Martapura yang terletak 40 km sebelah Kota Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

contoh gelang mutiara martapura
contoh gelang mutiara martapura / martapura.org

Martapura adalah sentra penghasil batu berharga, termasuk mutiara. Kala mengunjungi daerah tersebut, kamu akan banyak melihat toko dan aktivitas transaksi mutiara dan intan. Cenderamata berupa batu mulia juga sangat mudah ditemukan.


Daerah ini bahkan telah disebut sebagai satu dari pusat mutiara terbaik dunia. Menilik sejarah, di tahun 1960 di Martapura ditemukan berlian seberat 166,75 karat yang dipimpin H Madslam.


Karenanya, Presiden Soekarno kala itu memberi nama intan trisakti. Harganya fantastis mencapai Rp 10 triliun, nominal yang terlampau besar terlebih di tahun 60-an. Kondisi geografi Martapura, selanjutnya mendorong pengusaha mutiara dan batu mulia lainnya.


Bagi penggemar perhiasan, berupa kalung, gelang maupun cincin, Martapura adalah surganya. Banyak pasar perhiasan yang bisa menjadi rekomendasi berbelanja, salah satunya Pasar Cahaya Bumi Selamat.

Lombok, NTB

Mungkin tak banyak yang tahu, jika Lombok tak sekadar menyajikan panorama alam yang memukau. Tapi juga menyimpan barang perhiasan lainnya, yakni mutiara. Serupa Martapura, Lombok juga merupakan satu dari produsen mutiara terbaik Indonesia.


Tersebar di sejumlah wilayah, salah satunya di Kampung Sekarbela, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, 4 jam dari pusat kota. Pengrajin perhiasan menjamur di wilayah ini, yang didukung dengan bahan dasarnya yang melimpah.


Profesi ini rupanya telah berjalan dari generasi ke generasi dan menjadi penghasilan utama warga dan pemerintah daerah setempat. Lokasi budidaya kerang akan mudah dijumpai di kampung ini.


Ragam perhiasan berbahan mutiara yang dibalut logam misalnya, merupakan favorit wisatawan. Selain itu, ada batu safir dan intan untuk varian perhiasan yang bisa dipilih. Harganya tentu beragam tergantung berat dan jenisnya.


Terdapat dua jenis mutiara, yakni mutiara laut dan mutiara tawar. Umumnya, mutiara laut memiliki bentuk oval dengan warna putih, emas serta. Sedangkan untuk mutiara tawar cenderung pekat berwarna pink, kuning, hingga biru.


Warna mutiara juga beragam yang dipengaruhi induk kerang. Soal harga, keduanya memiliki standar yang berbeda. Untuk mutiara laut misalnya seharga Rp 100.000 hingga Rp 500.000, jauh lebih mahal dibanding mutiara air tawar yang bisa dibeli seharga Rp 15.000 per butir.

Maluku, Ambon

Wilayah timur Indonesia sudah sejak lama dikenal memiliki kekayaan alam beragam. Maluku salah satunya. Kepulauan Aru, Seram, kawasan Banda adalah yang paling terkenal. Daerah tersebut bahkan dijuluki Nusa Mutiara oleh para wisatawan.

perhiasan dari mutiara asli indonesia
perhiasan dari mutiara asli indonesia

Bukan tanpa alasan julukan ini disematkan. Di kepulauan tersebut, bahkan hanya dengan menyelam sekali ke dasar laut, kamu dapat langsung menemukan kerang mutiara. Kekayaan tanah Maluku akan mutiara juga dikenal di ranah mancanegara.


Serupa dengan dua daerah sebelumnya, sebagian besar warga di kepulauan tersebut berprofesi sebagai pedagang mutiara. Maka tak heran, amat mudah menemukan perhiasan berbahan mutiara jika menyambangi Maluku.


Budidaya kerang yang dipertahankan juga menjadi sumber pendapatan besar bagi daerah. Kabarnya, mutiara di mahkota Ratu Belanda sendiri berasal dari Maluku. Bukan hal baru pula jika melihat tamu penting macam pejabat negara, atau tamu asing dihadiahi perhiasan bertabur mutiara.


Namun, ada baiknya kamu jeli untuk membedakan mutiara air tawar maupun air laut. Mengingat harga keduanya yang jauh berbeda. Mutiara laut cenderung lebih berkilau dan jernih, dengan warna yang cerah.


Sedangkan mutiara air tawar lebih gelap dan tidak terlalu berkilau. Bermacam pasar perhiasan tersedia di sini. Desa Batu Merah misalnya, juga dikenal punya kualitas terbaik. Sebagian besar toko bahkan sudah beroperasi sejak tahun 90-an.


Nah, bagi kamu yang senang berburu perhiasan terutama mutiara. Ada baiknya menyambangi lokasi penghasil mutiara terbaik di atas. Di sana, kamu bisa memilih kualitas, harga bahkan desain terbaik yang kamu inginkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post