Monday, January 18, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Berbicara tentang wisata kuliner memang tidak ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan dan minuman khasnya masing-masing. Salah satu yang mungkin terdengar asing di telinga adalah kerupuk amplang. Kira-kira di mana ya daerah asalnya?

Apa Itu Amplang?

Anda harus tahu bahwa amplang adalah sejenis kerupuk berbahan ikan dengan campuran tepung sagu. Jenis ikan yang diolah adalah tenggiri, gabus atau pipih yang masing-masing memiliki citra rasa sangat khas dan unik.

kerupuk amplang khas kalimantan
kerupuk amplang khas kalimantan

Dari beberapa macam ikan di atas yang paling enak untuk diolah menjadi kerupuk amplang adalah ikan belida, rasanya yang gurih dengan tekstur daging yang lembut. Cara membuatnya cukup mudah loh, yaitu:


  • Bersihkan sisik ikan dari duri dan tumbuk hingga halus.
  • Campur dengan gram, bumbu dan air.
  • Masukkan tepung sagu hingga menjadi adonan seperti roti.
  • Rebus atau kukus adonan selama kurang lebih 1 jam.
  • Jemur hingga kering.
  • Adonan diiris tipis kemudian dipotong dengan bentuk memanjang. Ketebalannya sekitar 0,5 hingga 1 cm.
  • Selesai, adonan yang sudah jadi siap digoreng dan disajikan saat acara keluarga, kumpul bersama teman dan lain sebagainya.

Daerah Asal Kerupuk Amplang

Kerupuk amplang ini asalnya dari mana sih? Jawabannya adalah Kalimantan. Jika Anda berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Harganya cukup murah kok, Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya.

kerupuk amplang khas kalimantan
kerupuk amplang khas kalimantan

Samarinda dan Balikpapan adalah daerah yang paling banyak memproduksi kerupuk amplang dengan citra rasa dan aroma yang sangat khas. Kapan lagi Anda bisa menikmati makanan dengan citra rasa gurih ini.


Seiring berkembangnya waktu ditambah dengan program pemerintah yang terus berinovasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, maka kerupuk amplang berubah wujud dengan kemasan aluminium foil. Tentunya hal tersebut membuatnya terlihat lebih elegan.


Soal rasa pun tidak hanya satu pilihan, Anda bisa membeli rasa barbeque, lada hitam, ayam bawang dan lain sebagainya. Dijamin deh kerupuk amplang akan menjadi suguhan favorit dan terenak yang pernah Anda beli. Jangan lupa untuk membelinya dan bagikan orang terkasih.

Next article Next Post
Previous article Previous Post