Wednesday, February 10, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Untuk mendukung semangat open government, pemerintah melalui Kementrian Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (SISUMAKER). Penggunaan aplikasi persuratan di lingkungan Kementrian Hukum dan HAM ini menjadi hal wajib bagi para pejabat maupun pegawai terutama pihak administrator instansi.

Aplikasi persuratan elektronik kemenkumham
Aplikasi persuratan elektronik kemenkumham

Adanya aplikasi persuratan Sisumaker Kemenkumham yang dapat digunakan untuk mengatur surat masuk dan keluar beserta distribusi, disposisi, serta pengarsipan dokumen dapat dilakukan lewat satu platform ini. Walau begitu, dalam penggunannya, diperlukan akun login yang terhubung dengan sertifikat elektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE).

Cara Login dan Daftar Sisumaker

Untuk menggunakannya, berikut panduan singkat dalam menggunakan aplikasi SISUMAKER KEMENKUMHAM:


  1. Buka halaman sumaker.kemenkumham.go.id dengan cara mengklik tautan tersebut atau mengetiknya di address bar browser Anda.
    aplikasi sisumaker kemenkumham
    aplikasi sisumaker kemenkumham

  2. Setelah tampil halaman login Sisumaker, Anda perlu memasukkan username dan password untuk mengakses fitur-fitur yang ada dalam platform sistem informasi persuratan tersebut.
  3. Jika Anda belum memiliki akun Sisumaker Kemenkumham, Anda perlu untuk mendaftar sertifikat elektronik Kemenkumham terlebih dahulu di halaman dse.kemenkumham.go.id.
    daftar sertifikat elektronik kemenkumham
    daftar sertifikat elektronik kemenkumham

  4. Isi form registrasi yang tersedia dengan terlebih dahulu menyiapkan NIP pegawai, scan KTP, serta spesimen tanda tangan diatas HVS putih.
  5. Selanjutnya, klik tombol "Submit Pendaftaran" dan tunggu hingga ada konfirmasi selanjutnya. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi, kamu dapat mengecek status pengajuan dengan memasukkan Nomor Induk Pegawai kementrian di halaman yang sama.

Jika semua step di atas telah selesai, Anda hanya tinggal menunggu hingga sertifikat elektronik didapatkan dan Anda bisa login aplikasi SISUMAKER lewat tautan yang telah diberikan diatas. Jika prosesnya berlangsung cukup lama, Anda tidak perlu khawatir karena memang semua data yang disubmit akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) Kemenkumham sebelum akhirnya dikirim ke pihak BSRE.

Dengan adanya bantuan teknolgi informasi, tentu persuratan elektronik akan lebih mudah walaupun butuh keamanan yang lebih tinggi, oleh karenanya, semua sistem SISUMAKER  didukung oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE) dibawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN.go.id). 

Next article Next Post
Previous article Previous Post