Monday, February 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Madu dihasilkan oleh lebah, lebah akan menghisap nektar dan disimpan di kantong istimewa. Nektar adalah cairan manis yang ada pada bunga. Madu banyak mengandung zat gula. Oleh karena itu, madu mempunyai rasa manis karena adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.


Madu termasuk ke dalam pemanis dari bahan alami, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang ada seperti vitamin dan mineral, dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh, antibakteri, antioksidan, anti inflamasi, dan menambah energi.

Cara Pasti Membedakan Madu Palsu dengan Madu Asli

Meningkatnya permintaan madu di masyarakat membuat beberapa oknum melakukan kecurangan dengan membuat madu palsu. Madu palsu sangat berbahaya jika dikonsumsi terus – menerus. Madu palsu bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Ilustrasi uji madu asli atau palsu
Ilustrasi uji madu asli atau palsu

Oleh sebab itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara pasti membedakan antara madu asli dengan madu palsu. Cara yang paling pasti adalah dengan memastikan kandungan enzim diastase pada madu.


Madu mempunyai kandungan enzim diastase di dalamnya. Enzim diastase merupakan enzim yang dimiliki lebah dan diberikan kepada madu saat proses pematangan. Diastase atau amilase mempunyai peran untuk mencerna pati dan tahan lama.


Uji enzim diastase merupakan cara yang paling pasti untuk melihat kemurnian madu. Enzim ini telah digunakan sebagai indikator utama untuk membuktikan bahwa suatu madu asli atau palsu. Dikarenakan sulitnya mengetahui jadar enzim, maka cara pasti yang paling aman adalah memastikan bahwa Anda membeli madu dari produsen yang terpercaya dengan memiliki peternakan sendiri yang dikelola secara baik seperti madu iHONEY.

Peternakan madu iHONEY di Jawa Timur
Peternakan madu iHONEY di Jawa Timur

Madu iHoney terbukti mengandung kadar enzim diastase yang tinggi (hingga 29 DN), hebatnya lagi, enzim itu tetap aktif karena madu iHoney tidak melalui proses pemasakan. Kandungan iHoney lainnya seperti bee polen, royal jelly, vitamin, mineral dan nutrisi di dalam madu dijaga untuk tetap utuh. Mengomsumsi madu iHoney membantu kita terhindar dari diabetes, stroke, insomnia, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Untuk meyakinkan Anda silakan cek ihoney.co.id.

9 keunggulan madu iHoney
9 keunggulan madu iHoney

Meningkatnya permintaan madu di masyarakat membuat beberapa oknum melakukan kecurangan dengan membuat madu palsu. Madu palsu sangat berbahaya jika dikonsumsi terus – menerus, apalagi dalam jangka panjang, madu palsu bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes jika tinggi kandungan pemanis buatan atau sirup gula.

6 Cara Alternatif Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu 

Uji enzim diastase mungkin sulit dilakukan oleh semua orang. Namun ada beberapa cara membedakan madu palsu dan asli yang dapat dilakukan semua orang, yakni:


  • Lihat madu dari tekstur

Cara ini dilakukan dengan meneteskan madu ke ibu jari tangan. Jika madu tidak menyebar tetap mengental kemungkinan itu adalah madu asli, sedangkan jika madu menyebar kemungkinan itu merupakan produk madu palsu. Madu asli memiliki tekstur kental (tidak berair).


  • Mengetes menggunakan air

Sebelum melakukan cara ini siapkan terlebih dahulu segelas air. Lalu masukkan beberapa tetes madu ke dalam gelas, tunggu beberapa waktu. Jika madu larut bersama air, maka madu tersebut adalah madu palsu. Sedangkan jika tidak larut di dalam air, maka itu adalah madu asli.


  • Mengetes menggunakan tissue

Cara untuk mengetes madu kali ini membutuhkan tissue, teteskan madu secukupnya pada tissue. Tunggu beberapa saat jika madu tidak menembus tissue maka itu adalah madu asli. Sedangkan jika madu menembus tissue maka itu merupakan madu palsu.


  • Menggunakan korek api

Cara ini membutuhkan korek api batangan, ambil sedikit madu dan oleskan pada batang korek api. Kemudian nyalakan korek api jika menyala maka itu adalah madu asli. Sebaliknya jika tidak menyala itu merupakan madu palsu. Biasanya madu palsu sudah ditambah dengan zat lain seperti air yang membuat korek tidak mau menyala.


  • Menggunakan cuka

Membedakan madu asli dan palsu juga bisa menggunakan cuka, caranya dengan meneteskan cuka ke madu. Jika madu mengeluarkan busa setelah ditetes cuka maka madu tersebut merupakan madu palsu. Sedangkan jika tidak berbusa berarti madu tersebut adalah madu asli.


Madu banyak dipalsukan karena manfaatnya yang sangat berlimpah, madu dijadikan sebagai gula alami yang baik untuk kesehatan. Madu juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terkena penyakit kanker. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post