Sunday, February 14, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Snowball sampling adalah salah satu teknik non-probabilitas yang diterapkan, terutama dalam sebuah penelitian sosial. Seperti namanya, teknik pengambilan sample ini nantinya akan memperbesar populasi sesuai dengan kriteria tertentu yang digambarkan seperti bola salju yang menggelinding dan terus membesar. 

Pengertian snowball Sampling

Secara singkat, snowball sampling adalah teknik yang diterapkan untuk menentukan sample di mana mula-mula jumlahnya kecil. Kemudian, sample yang terpilih disuruh untuk memilih teman-temannya atau hal lain yang berhubungan dengan kriteria untuk dijadikan sample dan seterusnya. Dengan teknik ini nantinya jumlah sample akan semakin besar dan banyak.

teknik snowball sampling
teknik snowball sampling

Ada beberapa teknik snowball sampling yang bisa diterapkan untuk mendapatkan sample sesuai dengan kebutuhan. Beberapa teknik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. snowball sampling linear, di mana pembentukan kelompok sample akan dimulai dengan satu subjek individu yang akan memberikan berbagai informasi tentang satu subjek lain. Kemudian, rantai berlanjut dengan satu rujukan dari satu objek 
  2. snowball sampling non-diskriminatif eksponensial, di mana subjek pertama dijadikan sumber dan ia akan memberikan lebih banyak referral untuk referensi. Referral tersebut akan membentuk referral lagi hingga jumlah subjek untuk sample terpenuhi
  3. snowball sampling diskriminatif eksponensial, di mana subjek memberikan banyak rujukan. Hanya saja, dalam rujukan yang berbeda hanya akan diambil satu subjek saja sebagai sumber sample

Keuntungan snowball Sampling

Teknik snowball sampling memberikan beberapa keuntungan bagi peneliti. Dengan teknik ini, maka peneliti akan cenderung lebih cepat untuk menemukan sample yang dikehendaki. Selain itu, penelitian dengan menggunakan teknik ini juga cenderung lebih hemat dari segi biaya. 

Contoh snowball Sampling

Untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang snowball sampling, berikut ada contoh mengenai penggunaan metode pengambilan sample ini.


Contoh:


Seorang peneliti ingin mewawancarai imigran yang tidak memiliki dokumen di Belanda. Misalnya, ia ingin mewawancarai beberapa individu yang dapat ia temukan di awal. Kemudian, beberapa individu di awal tadi menjadi agen untuk membantu peneliti mendapatkan individu lain yang merupakan imigran tanpa dokumen di Belanda. 


Proses ini nantinya akan membuat sample menjadi lebih banyak dan lebih spesifik. Peneliti bisa mengembangkan penelitian hingga mendapatkan jumlah sample yang sesuai dengan kebutuhan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post