Sunday, February 14, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Secara singkat, cluster sampling adalah teknik pengambilan sampling di mana peneliti akan membentuk beberapa cluster dari proses penyeleksian individu yang menjadi bagian dari populasi. Perlu diketahui, populasi sendiri adalah kumpulan individu pada wilayah serta waktu tertentu.


Dalam teknik ini, beberapa cluster dari populasi akan dipilih dengan dasar sifat dan karakteristik yang identik atau homogen. Pengambilan sample sendiri akan dilakukan secara acak dari beragam cluster yang berada di dalam sebuah populasi. 

pengertian cluster sampling
pengertian cluster sampling

Salah satu alasan kenapa cluster sampling menggunakan pengambilan sample secara random adalah karena ketidakmungkinan untuk meneliti setiap individu yang menyusun sebuah populasi tertentu.

Teknik Cluster Sampling

Dalam penerapannya, teknik cluster sampling bisa dilakukan dengan beberapa langkah tertentu. Langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:


  1. Menentukan sample dengan detail target audience dan juga ukuran sample yang digunakan
  2. Menciptakan dan melakukan evaluasi pada sumber sample berdasarkan kebutuhan 
  3. Menentukan kelompok dengan cara memasukkan anggota yang sama serta merata ke dalam kelompok yang berbeda satu sama lain
  4. Memilih cluster secara acak untuk penentuan sample
  5. Melakukan segmentasi geografis 
  6. Membentuk subtype untuk mengerukutkan populasi 

Klasifikasi Teknik Cluster Sampling

Selain beberapa teknik yang harus dilakukan untuk pengambilan sample menggunakan metode cluster sampling, ada beberapa klasifikasi yang juga perlu diketahui. Klasifikasi ini nantinya akan membantu proses pengambilan sample.


Adapun jenis klasifikasi cluster sampling adalah sebagai berikut:

One stage cluster sampling

Klasifikasi cluster sampling ini dilakukan dalam satu tahap saja. Sebagai contoh, sebuah badan amal akan memberikan bantuan kepada orang tidak mampu dari 5 desa. Dengan menggunakan klasifikasi ini, maka badan amal tersebut bisa memilih secara acak desa atau cluster guna membentuk sample. 

Two stage cluster sampling

Seperti namanya, klasifikasi ini diterapkan dengan cara membentuk dua tahapan. Hasil sample yang nantinya didapatkan tentu lebih baik daripada hanya satu tahapan saja. Dalam klasifikasi ini, hanya beberapa anggota yang akan dipilih dari setiap cluster dengan penerapan metode sampling lain, seperti systematic random sampling.

Multiple cluster sampling

Multiple cluster sampling adalah klasifikasi yang diterapkan untuk riset dengan wilayah geografis yang cenderung banyak dan membentuk sebuah cluster yang lebih rumit. Misalnya, klasifikasi ini digunakan untuk meneliti sample tertentu dari suatu provinsi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post