Sunday, February 14, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Teknik quota sampling atau disebut juga teknik sampling berjatah adalah salah satu bagian dari klasifikasi non-probability sampling. Metode pengambilan sampling ini dilakukan dengan menitikberatkan pada pertimbangan dari peneliti yang bersangkutan. Namun, dalam prosesnya, ada standar serta aturan yang ditetapkan sebelumnya untuk diikuti. 


Perlu diketahui, quota sampling memiliki karakteristik yang mirip dengan judgement sampling. Oleh karena itu, pemahaman tentang quota sampling diperlukan agar proses sampling bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Pengertian Quota Sampling

Ada beberapa pengertian tentang quota sampling yang perlu diketahui. Secara singkat, quota sampling adalah teknik penentuan sample dari populasi tertentu yang dilakukan guna menentukan klasifikasi sesuai ciri khas tertentu hingga mencapai kuota yang dibutuhkan.

teknik snowball sampling
teknik snowball sampling


Selain itu, quota sampling juga dipahami sebagai teknik pengambilan sample yang tidak terpaku pada keseluruhan populasi yang akan dipilih sebagai sumber sample. Justru, peneliti akan membagi populasi total dalam beberapa kategori yang berbeda dan kemudian akan diambil sample dari masing-masing kelompok.

Penggunaan Quota Sampling

Secara teknis, quota sampling cenderung lebih banyak digunakan pada riset yang berkaitan dengan demografis dan juga geografis. Metode sampling ini juga diterapkan pada proses penelitian yang mencakup sebuah populasi yang cenderung tidak terhitung. 


Meski demikian, quota sampling termasuk kategori sampling non-random. Artinya, sample tidak dipilih secara acak melainkan akan dipilih sesuai dengan kriteria dan juga standar yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Tahapan Pengambilan Quota Sampling

Dalam proses pengambilan sample menggunakan teknik quota sampling, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tentu saja, proses pengambilan sample harus sesuai dengan tahapan dari awal hingga akhir agar tidak ada kerancuan data.


Adapun tahapan yang dimaksud adalah sebagai berikut:


  1. Membagi populasi ke dalam unit kelompok yang lebih eksklusif dengan dasar karakteristik masing-masing individu 
  2. Setelah populasi dibagi dalam sub-grup, peneliti melakukan identifikasi terkait proporsi masing-masing kelompok dengan pertimbangan populasi secara keseluruhan. Tahap ini akan berpengaruh pada proses pengambilan sample
  3. Terakhir, peneliti melakukan analisis tingkat akhir terkait perbandingan proporsi sub-grup dengan total populasi. Analisis harus dilakukan dengan cara mempelajari serta memahami detail karakteristik dari setiap kelompok yang dijadikan wakil dari keseluruhan populasi sebagai sumber sample 

Next article Next Post
Previous article Previous Post