Sunday, February 14, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Uji Kirby Bauer disebut juga dengan istilah tes difusi cakram. Uji ini merupakan pengetesan yang dilakukan untuk melihat dan mengetahui kepekaan antibiotik. Sesuai namanya, dalam pengujian yang dilakukan, peneliti akan menggunakan cakram antibiotik. Penggunaan cakram ini nantinya akan menguji sejauh mana bakteri akan dipengaruhi oleh antibiotik tersebut.

Kirby-Bauer Test

Dalam pengujian ini, tablet yang berisi bubuk obat atau antibiotik akan diletakkan di atas piring di mana sebelumnya bakteri sudah ditempatkan. Piring tersebut nantinya akan di inkubasi selama beberapa waktu.

Kirby-Bauer Test
Kirby-Bauer Test


Jika setelah proses tersebut antibiotik mampu menghentikan pertumbuhan bakteri, atau bahkan membunuhnya, maka akan muncul area di sekelilingnya di mana bakteri tidak cukup terlihat dengan mata telanjang. Hal ini disebut dengan zona hambatan.


Perlu diketahui bahwa ukuran dari zona hambatan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling penting adalah seberapa efektif antibiotik tersebut dalam menghentikan pertumbuhan bakteri. Selain itu, faktor lain yang berpengaruh adalah difusi antibiotik dalam media berdasarkan konfigurasi molekuler.

Prosedur Inkubasi Uji Kirby Bauer

Proses inkubasi menjadi hal yang begitu penting dalam Uji Kirby Bauer. Oleh karenanya, peneliti harus mengetahui prosedur inkubasi dengan baik. Adapun prosedur inkubasi yang harus dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Meletakkan kapas steril ke dalam kultur organisme atau bakteri tertentu dengan teknik aseptik. Lalu, buang kelebihan cairan secara perlahan
  2. Menggores pelat dengan cara swab untuk membentuk rumput bakteri
  3. Membiarkan pelat atau piring mengering sekitar 5 menit
  4. Menggunakan dispenser cakram antibiotik guna mengeluarkan cakram berisi antibiotik tertentu
  5. Menelan perlahan setiap cakram untuk memastikan cakram melekat dengan menggunakan pinset
  6. Pelat atau piring harus di inkubasi semalam dengan suhu sekitar 37 derajat celcius

Langkah di atas tentu harus diawali dengan persiapan yang matang. Dalam Uji Kirby Bauer, ada standar awal yang harus dipatuhi. Media yang digunakan untuk Uji Kirby Bauer adalah agar Mueller-Hilton dengan kedalaman 4 mm yang kemudian dituangkan ke dalam cawan petri 100 hingga 150 mm dan tingkat pH agar harus sekitar 7,2 hingga 7,4.

Next article Next Post
Previous article Previous Post