AHU online merupakan sebuah badan yang bernaung di pemerintah dengan memusatkan sistem pelayanan secara online kapada masyarakat. Sistem pelayanan tersebut secara khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada seluruh notaris, kemudian diimplementasikan dalam sebuah web aplikasi.

Layanan ini dapat membantu notaris untuk mengetahui informasi mengenai pencarian fidusia.

Fitur-Fitur yang tersedia di Aplikasi AHU Online

Web aplikasi ini dimiliki oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum miliki Kementerian Hukum dan HAM Indonesia. Lalu apa saja fitur yang ada pada aplikasi ini? Yuk simak.

1. Mengakomodir Seluruh Kebutuhan Kenotariatan
AHU online hampir mengakomodir seluruh kebutuhan dalam kenotariatan. Mulai dari uji pengangkatan notaris hingga permohonan untuk mengganti identitas diri seperti alamat, gelar, atau mempersingkat nama tersedia disini.

Notaris sendiri memiliki kekuasaan dalam membuat suatu peristiwa seperti perjanjian untuk memiliki kekuatan hukum. Segala perbuatan, perjanjian, kejadian luar biasa yang terjadi dalam masyarakat notaris bisa membuat sebuah akta.

Pembuatan akta tersebut bisa dilakukan melalui AHU online ini.

2. Pelayanan Badan Hukum
Pelayanan terkait badan hukum juga bisa Anda lakukan melalui Ahu Online. Pelayanan online pada Subdit Badan Hukum DIrektorat perdata yang saat ini didukung oleh AHU online antara lain:
  • Perseoran terbatas
Pada pelayanan ini, AHU online melayani pembuatan nama perseroan terbatas, pengisian form pemesanan nama, serta pembayaran nomor voucer. Hal ini dilakukan, agar sebuah perusahaan dengan identitas perseroan terbatas memiliki nama yang terdaftar secara badan hukum.
  • Yayasan
Pada pelayanan badan hukum yayasan, fitur yang tersedia kurang lebih sama. AHU online dapat melayani pesan nama agar memiliki kekuatan hukum, kemudian ada pendirian yayasan yang dilakukan oleh notaris.

Yang menarik, notaris juga bisa meminta untuk melakukan perubahan yayasan, seperti perubahan nama dan anggaran dasarnya.
  • Perkumpulan
AHU online melayani sebuah perkumpulan untuk proses pembuatan nama, perubahan struktur perkumpulan, dan pendirian perkumpulan.

AHU online juga bisa melakukan perbaikan data badan hukum, jika sebelumnya terjadi kesalahan administrasi. Dimulai dari permohonan perbaikan yang dilakukan oleh notaris.

3. Legalisasi
Legalisasi merupakan sebuah tanda pengesahan dari pejabat atau otoritas yang berwenang kemudian tertuang dalam bentuk dokumen. Apabila dokumen tersebut diterbitkan di Indonesia namun ingin digunakan di negara lain, maka harus melakukan legalisasi di Kementerian Hukum dan HAM Indonesia.

4. Pengwarganegaraan
Jika seorang WNA ingin menjadi warga negara Indonesia, bisa diperoleh dengan cara permohonan pengwarganegaraan. Permohonan tersebut diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM namun melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Permohonan ini bisa diajukan secara online melalui web aplikasi AHU.

5. Fidusia
Pelayanan fidusia merupakan proses pengajuan pengalihan hak kepemilikan sebuah benda dengan dasar kepercayaan. Akan tetapi ada ketentuan bahwa pemindahan hak kepemilikan tersebut dialihkan namun tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Artinya benda tidak berpindah, hanya status kepemilikannya saja yang berpindah. Contohnya seperti kredit, pemberi kredit tetap memiliki motor tersebut, tetapi hak penggunaannya dialihkan pada pembeli hingga motor tersebut lunas.

6. Wasiat
Tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah satu ini, yaitu surat kuasa yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan dan menyerahkan hartanya kepada orang lain jika pemilik meninggal dunia.

Surat ini juga bisa digunakan untuk penentuan amanat wasiat yang akan berlaku setelah kematiannya.

Permohonan atau pelaporan wasiat ini juga tersedia dalam AHU online, sehingga memudahkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan pengurusan secara offline.

Demikianlah fitur-fitur yang tersedia dalam AHU online. Fitur ini merupakan layanan yang akan memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan.

Selain itu, Aplikasi AHU online juga menjadi produk layanan hukum online yang sudah dibuat sejak lama. Hal ini merupakan dukungan pemerintah agar mendukung layanan publik (public service) secara online, karena lebih mudah, irit biaya, dan lebih efektif.

Pengumuman, Berita, dan Panduan Aplikasi Ahu Online: